Selasa, 20 November 2012

Mengatasi Masalah LCD Laptop Mati

Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna notebook ataupun netbook adalah masalah layar LCD yang tiba-tiba mati alias tidak menyala.

Hal ini bisa dkarenakan masalah perangkat kerasnya (hardware) namun ada juga yang terjadi karena masalah perangkat lunak (software). Sehingga penanganannyapun berbeda-beda antara masalah LCD/LED notebook/netbook mati dikarenakan hardware maupun dikarenakan software.

Berikut ini saya bahas beberapa penyebab dan cara penanganan masalah layar LCD mati pada notebook/netbook.
Beberapa penyebabnya
  1. Yang pertama adalah kondisi layar LCD/LED notebook/netbook mati ketika akan dinyalakan (ini yang paling sering terjadi). Hal ini bisa dikarenakan pada saat pemakaian sebelumnya terjadi problem pada hardware (kebanyakan) maupun software, bisa karena over head, korsleting, dll.
  2. Yang kedua adalah kondisi layar LCD/LED notebook/netbook mati ketika mesin masih menyala, biasanya ini disebabkan oleh adanya dumb crash memory, vga driver crash, system crash, dll.
  3. Yang ketiga (ini yang jarang terjadi) adalah LCD/LED notebook/netbook mati karena dilempar pemiliknya buat ngusir maling yg masuk kerumahnya . . . wkwkwkwk (he he just kidding).
Untuk masalah 1 dan 2 saya akan coba beri beberapa solusinya, tp khusus untuk masalah no 3 maaf saya ga punya solusinya . . he he.
Langsung saja, berikut ini cara-cara menangani masalah LCD/LED notebook/netbook mati, berurutan mulai dari yg paling sederhana solusi/caranya.
  1. Solusi yang pertama yang paling sederhana adalah dengan cara melakukan shutdown paksa (jika dalam kondisi mesin menyala). Ini adalah solusi yg paling sederhana dalam masalah LCD/LED notebook/netbook mati karena masalah software (dumb crash memory, windows booting error, system crash, dll). Pengertian sederhananya adalah terdapat satu atau lebih file system yang tidak dapat dieksekusi secara otomatis oleh system, bahasa jawanya "nyantol". Sehingga system tidak mampu menampilkan gambar pada layar LCD anda, jadi tidak ada masalah dengan perangkat LCD anda atau perangkat yang lainnya, hanya masalah software saja.
  2. Solusi yang kedua adalah dengan cara melepas bateray notebook/netbook dan membiarkannya selama kurang lebih 5 menit. Ini dilakukan karena dikhawatirkan ada masalah dengan suply listrik pada notebook/netbook yang bisa mengakibatkan gangguan pada kerja prosesor, memori, dan atau IC trtentu pada board. Dengan dipasangkannya kembali bateray setelah dilepas selama kurang lebih 5 menit ini bisa membuat electricity reset pada seluruh perangkat keras notebook/netbook yang bekerja, sehingga memungkinkan kinerja prima seluruh hardware seperti awal laptop dinyalakan (dgn syarat tidak ada hardware yang rusak).
  3. Solusi ketiga dengan cara melepas SODIMM memory yang terpasang dibagian belakang notebook/netbook. Ini hampir sama dengan penjelasan no 2 diatas. Memory SODIMM pada notebook/netbook kadang mengalami shock pada saat pemakaian, dikarenakan kinerja yang terlalu berat yang berdampak pada kenaikan suhu ekstrem para perangkat2 yang bekerja pada notebook/netbook. Dan hal tersebut terkadang tidak dapat kembali normal hanya dengan me-reset power (shutdown) saja. Karena hakikatnya ketika mesin notebook/netbook mati, sesungguhnya masih terjadi aktifitas kelistrikan (saya tdk paham trlalu detil) didalam notebook/netbook karena bateray yang masih menancap. Catatan: sebelum meleepas memory, WAJIB hukumnya melepas bateray.
  4. Solusi keempat adalah solusi yang agak expert, yaitu jika ketiga solusi diatas tidak menyelesaikan masalah LCD notebook/netbook yang mati, maka anda (jika merasa mampu) bisa mencoba membongkar notebook/netbook anda untuk melepas beberapa part yang menempel pada board, terutama kipas processor dan processornya sendiri (juga kabel flexible LCD). Ini dilakukan karena shock (karena trlalu panas ato karena listrik tidak stabil) yang terjadi pada SIDOMM bisa juga terjadi pada perangkat lain yang menempel pada board. Setelah itu coba bersihkan seluruh hardware2 tersebut dari debu kemudian pasang kembali.
  5. Jika tetap tidak bisa maka, solusi yang terakhir (yang saya tahu) yaitu dengan cara diblower vga chipsetnya, karena biasanya vga juga bisa bermasalah pada penggunaan notebook/netbook yang terlalu panas, biasanya teerjadi pada laptop seri compaq cq40.
Demikian beberapa solusi masalah layar LCD notebook/netbook mati secara tiba-tiba. Sekedar mengingatkan bahwa saya belum pernah menjumpai LCD yang tiba-tiba mati tersebut rusak pada perangkat LCDnya. Selalu hanya pada masalah-masalah spt yang saya bahas diatas. Adapun kerusakan yang terjadi pada LCD biasanya terjadi dengan diawali dengan adanya dot pixel pada LCD (smakin lama semakin banyak, lalu mati) atau garis-garis, layar buram pada sisi tertentu (smakin lama smakin melebar), dll, atau karena terjatuh, pecah, patah, dsb.

Sekian. Smoga bisa bermanfaat bagi semua.

165 komentar:

  1. pak memang CQ40 Compac pnya saya juga mati lcd nya tiba-tiba, tapi mesinnya laptop nya dan dvd room nya masih bisa nyala tapi lcd nya mati... kira-kira solusinya yg mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah mencoba memperbaiki CQ40 yang mati LCDnya namun "mesin"nya masih berjalan/berfungsi. Dan tindakan yg saya ambil adalah dgn membongkar body laptop, dan melepas kipas processor dan processornya itu sendiri, kemudian saya beri headzink (gel lapisan processor) baru.

      Cara ini ampuh membuat laptop CQ40 tsb LCDnya bisa nyala kembali, namun dalam beberapa bulan masalah ini terjadi/terulang lagi, dan solusi yg sama sy lakukan lg. Hingga terulang 4 kali smp skrg. Sepertinya masalah ini disebabkan kinerja processor yg terlalu berat sehingga menyebabkan kenaikan suhu processor melebihi ambang batasnya (terlalu panas).

      Saran sy sebaiknya gunakan pendingin/kipas tambahan utk laptop yg mengalami masalah spt ini.

      Hapus
    2. gan, kalo laptop saya led nya mati ketika saya goncangkan,,, itu kenapa ya, padahal mesinya nyala...?

      Hapus
    3. Gan ane mslhnya di nmr 3 kaca lcd toshiba l510 retak tak beraturan kemarin" sih nyala saya sambungkan ke lcd hp L1506 tapi tanpa sengaja kepencet pengaturan dan layarnya kembali ke laptop .... tlg pencerahannya bgmn tuk nyalakan kembali monitor Hp L1506 nya trims sebelomnya Gan

      Hapus
    4. Gan ane mslhnya di nmr 3 kaca lcd toshiba l510 retak tak beraturan kemarin" sih nyala saya sambungkan ke lcd hp L1506 tapi tanpa sengaja kepencet pengaturan dan layarnya kembali ke laptop .... tlg pencerahannya bgmn tuk nyalakan kembali monitor Hp L1506 nya trims sebelomnya Gan

      Hapus
  2. It's work bro..tpis no.2..
    Thanks..akhir.a notebook saya jdi juga..

    BalasHapus
  3. pak kalo punya saya laptopnya mesinya sih jalan di bios juga ada tampilannya tapi kok masukk ke desktop mati sndiri itu gimana solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @akhmad: Kali spt itu Sgt mgkn mslahnya ada pada software (OS Windowsnya). Silahkan diintall ulang saja windowsnya insyaAllah bisa. Smoga berhasil . . .

      Hapus
    2. oya makasih pak ahmad atas motivasi yang di berikan

      Hapus
  4. Pa klo laptop axio neon mnc, mesin jalan sampe masuk os(terdengar suara os) tp layar lcd tidak nyala? Sebelummnya sering begini solusi saya waktu itu:saat baru di hidupkan sabil tekan2 sembarang tombol baru keliatan/nyala layarnya. Masalahnya sekarang tidak nyala sama sekali layarnya os nya bisa nyala/terdengar.
    Solusinya gimana pa?
    Tolong dibantu ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu sangat mungkin masalah hardware mb.siwi.

      Kemungkinan besar itu kabel fleksibel LCD yg menyambung ke mainboard agak bermasalah. Solusinya hrs dibongkar kemudian coba dilepas sambungan kabel fleksibel lcdnya, bersihkan dan kemudian dipasang lagi (pastikan pemasangannya sempurna). Ingat sblm melepas kabel/komponen2 lainnya, batery harus dilepaskan dulu dr laptop.
      Ini dilakukan dgn catatan kabel fleksibelnya msh dlm kondisi baik, tidak rusak. Bisa jadi masalah ini muncul krn ada kerusakan pada hardware tsb. Jika spt itu maka anda harus mengganti/membeli part lcd laptop anda didealer resminya.
      Smoga membantu.

      Hapus
  5. thanks bgt gan..
    jadi dpt pencerahan dari sini..
    Alhamdulillah lcd ane msih bisa idup lg

    BalasHapus
  6. saya punya laptop Toshiba L505D laptop nyala LCD gak Nyala itu Gimanayaa......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aja salahsatu cara diatas, terutama yg lepas baterai n memory RAM minimal 10menit, lalu pasang kembali. Semoga berhasil . . .

      Hapus
  7. Gan Anne punya Acer Aspire 5920 Z, mesin jalan, windows jalan, tapi layar LCD mati, mohon pencerahannya, thanks before....

    BalasHapus
    Balasan
    1. @zam harada
      Jika matinya LCD tersebut tidak diawali dgn dead pixel, layar buram/garis2, terjatuh, retak, dll. InsyaAllah LCD anda masih bisa menyala dgn salahsatu solusi saya diatas.

      Coba aja salahsatu cara diatas, terutama yg lepas baterai, lalu bongkar cashing belakang, lalu lepas memory RAM. Biarkan dulu (terlepas) selama 10menit, lalu pasang kembali. Semoga berhasil . . .

      Hapus
  8. agan, ane punya laptop Sony seri S series VPCSB38GG, mesin jalan windows jalan sampai keluar jendela windows tapi saat masuk ke system layar mati, tapi terdengar suara windows star, ane pake windows 7, kalau masuk d safe mode masih bisa jalan dan layar hidup, tapi kalau masuk windows normal layar mati, mohon pencerahan gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Kenzie Purnomo
      Itu masalah bisa Software dan bisa hardwarenya (memory RAM ato VGAnya rusak/ada penurunan kinerja). Tp jika melihat merk laptop anda (Sony) sptnya tdk Mgkn masalah hardwarenya.

      Jadi sy berkhusnudzon ini masalah software nya,
      Solusi 1: silahkan uninstall driver VGAnya, lalu restart, lalu install ulang driver VGAnya, kalo bisa download baru yg paling update drivernya.
      Solusi 2: install ulang Windows 7 nya, lalu install lagi semua driver2nya, jika bisa update driver yg sdh terinstall (dalam paket Windows7)

      Smoga berhasil . . .

      Hapus
  9. saya punya notebook asus. mesinnya nyala tapi lcd nya mati. itu gara-gara kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aja salahsatu cara diatas, terutama yg lepas baterai n memory RAM minimal 10menit, lalu pasang kembali. Semoga berhasil . . .

      Hapus
  10. mas mohon bantuannya...
    Laptop sy lenovo g470, sistem nya jalan, bisa masuk windows (terdengar dari bunyi nya), tetapi layar nya hitam. Sebelumnya laptop sy mati krn lowbatt, ketika di charge & dinyalakan, sistem hidup tetapi layar blank... pada hari itu, laptop sy utk pertama kalinya dihubungkan dg hp utk mengambil data dr hp tersebut... apakah itu jg bs berpengaruh? Mohon bantuannya mas, karena sy sangat membutuhkan laptop tersebut... terimakasih banyak sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba lepas baterai n memory RAM minimal 10menit, lalu pasang kembali.
      Kalo penyebabnya bisa jadi karena dump crash memory ketika system mati karena baterai habis padahal CPU n board masih dalam kondisi bekerja. Tidak ada hubungannya dengan HP yg tertancap (melalui kabel data).
      Semoga berhasil . . .

      Hapus
  11. Dear mas fahmi
    Mhn bantuan laptop sy fujitsu ph 521 kondisi mesin dan system lancar tetapi layar mati, kabel vga monitor lain sy sambungkan ke laptop bisa muncul gambarnya, solusi seperti ini bgm? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Eko Subagyo
      Ada dua kemungkinan penyebab laptop anda LCDnya mati,
      1. Yg pertama kemungkinan karena terjadi dumb crash memory, windows booting error atau system crash, yaitu ada satu atau lebih file system yg tidak berhasil dieksekusi oleh system.
      2. Yg kedua, karena terjadi electricity shock pada komponen hardware laptop anda (IC, Memory, dll).

      Solusi yg saya sarankan, SELALU yg pertama Coba lepas baterai dan memory RAM minimal 10menit, lalu pasang kembali.
      Jika tetap tidak bisa coba install ulang (dgn bantuan monitor tambahan) driver VGA (unduh yg paling update dan paling kompatibel dgn laptop anda). Atau bisa juga install ulang OSnya/windowsnya.
      Semoga berhasil . . .

      Hapus
  12. note book sy tdk mau hidup layarnya tp lampu pawerx hidup, awalx setelah sy bersihkn debu2 yg menempel d dalamnya,,,,karna kenapa ya???,,,,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat mungkin ada komponen yg "tdk sempurna" posisinya ketika anda membersikan bagian dalam laptop anda. Silahkan bongkar kembali dan coba cermati barangkali ada kabel/konector/IC pada board yg trlepas atau tidak terpasang sempurna.
      Setelah memastikan semuanya terpasang sempurna, baru anda bisa mencoba salah satu solusi2 tersebut diatas.
      Semoga berhasil . . .

      Hapus
  13. GAN SAYA TANYA KENAPA LAPTOP SAYA TERUS MENGELUARKAN GARIS HORIZONTAL BERWARNA HIJAU ( kalau pas sehat mari sendiri mohon penjelasanya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komponen LCDnya mas, kemungkinan besar rusak (tp dalam prosentase yg kecil) lama kelamaan bisa semakin parah. Kalo ada dana lebih bisa ganti LCDnya, tp kalo mau bertahan dgn itu jg gpp. Karena probability penambahan kerusakan pada LCD tersebut bervariasi (tergantung pemakaian), bisa dalam waktu yg pendek bisa juga dalam waktu lama.

      Perlu juga dianalisa penyebab terjadinya kerusakan komponen LCD tersebut, bisa jadi karena kelistrikan, atau bisa juga karena guncangan/tekanan pada perangkat. Jangan menaruh benda diantara keyboard dan LCD ketika ditutup walaupun sehelai kain.
      Jika penyebabnya karena faktor kelistrikan, coba anda cari penyebabnya (listrik yg tdk stabil, baterai rusak/drop, charger yg rusak, dll) utk selanjutnya ditindaklanjuti solusinya.
      Semoga bisa membantu . . .

      Hapus
  14. gan mau nanya knapa ya laptop saya suka blue screen lalu dia menampilkan tulisan crash data full dumb itu knapa ya gan?mhon bantuanya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bluescreen itu terjadi karena salah satu sebab berikut : dumb crash memory, windows booting error atau system crash, yaitu ada satu atau lebih file system yg tidak berhasil dieksekusi oleh system.
      Silahkan dianalisa (seringnya terjadi) hal tersebut terjadi ketika anda/laptop anda sedang "bekerja" apa. Bisa karena Program/Software(yg baru diinstall), Driver, atau File system OS.

      Jika karena Program/Software tertentu, silahkan uninstall/buang program tersebut, atau install ulang dgn versi yg lbh kompatible dengan laptop anda.
      Begitu jg jika penyebabnya karena Driver salah satu komponen laptop, maka silahkan install ulang Driver tersebut dgn yg paling update dan paling kompatible dgn laptop anda.
      Atau jika bingung menganalisa penyebabnya karena apa, bisa langsung diinstall ulang OSnya/Windowsnya, dilanjutkan dengan mengintall lg Driver2nya.
      Semoga bisa membantu . . .

      Hapus
  15. Laptop saya Lenovo G475 , belakangan ini lcdnya ga mau nyala tetapi mesin dan yang lainnya nyala, kadang digoyangin bisa nyala tapi sekarang udah bener bener ga bisa , saya sudah lakukan cara 1 sama 2 Tetap ga berhasil, Mohon pencerahan Mas Fahmi thanks before...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan besar itu ada part/hardware yg bermasalah (bisa jd tdk terkoneksi dgn sempurna, ato bahkan sdh rusak). Butuh penanganan expert, dibongkar dan dicek satu2, kemungkinan kabel fleksibelnya mgkn kurang nancep sempurna/goyang. Smoga membantu. . .

      Hapus
  16. saya punya notebook asus Eeepc layara pojok atas lampunya mati tapi gambar pada layar penuh bisa terlihat kira-kira itu apanya ya yang rusak,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hardware LED/LCD nya itu kemungkinan besar. EEpc byk yg mengalami rusak LED/LCDnya ditmp saya. Silahkan di cek kan ke yg ahli. Terima kasih

      Hapus
  17. pak saya baru instal ulang windows 7 tapi setelah beres menginstal beberapa menit layar mati dan saya coba matikan dengan cara menekan tombol power dan saya nyala kan lagi tetep aja nyala sebentar lalu mati itu kenapa yah pak mohon bantuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matinya ketika baru masuk prebios, ato stlh masuk sistem windows? Kl matinya stlh masuk sistem windows berarti ketika menginstall tdk sempurna, silahkan diformat ulang n install ulang windowsnya, pastikan installer windowsnya kompatibl (32bit ato 64bit) dgn spek laptop anda

      Hapus
  18. Pak saya ada pertanyaan, Laptop saya CQ515 - procssor AMD, ketika di hidupkan indikator Led menyala, kipas menyala, tetapi monitor mati,, saya coba sambungkan ke monitor external tetapi tidak menyala juga, saya mohon untuk informasi dan solusinya pak,,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama pastikan dulu, kabel VGA yg dipakai utk menghubungkan ke layar extrnal benar2 dlm kondisi baik dan tersambung sempurna. Jk sdh dipastikan spt itu, dan layar extrnal tetap tdk mnyala maka kemungkinan ada mslh dgn VGA anda scr software (driver VGAnya) ato hardware (chip VGAnya).
      Jika software silahkan coba install ulang windowsnya (jk kesulitan mengisntall drivernya sj), jika tetap tdk bisa berarti kemungkinan chip VGAnya bermasalah, silahkan dibawa ke tmp service yg profesional.

      Itu dgn asumsi sy bahwa laptop anda (ketika mati layarnya) benar2 bisa menyala hngga masuk windows, bukan sekedar kipasnya saja yg menyala.
      Namun jika hny kipasnya sj yg menyala dan tdk smp masuk windows (diketahui dgn cara mendengar dan "merasakan" ktka laptop dinyalakan), maka ada kemungkinan bukanbVGA anda yg bermasalah, tp bisa jadi sistemnya (bios ato OSnya) ato jg ada kerusakan pd hardware yg lainnya.

      Hapus
  19. pak saya ada pertanyaan notebook saya layarnya mati pas lagi dicharge tanpa baterai itu kenapa yah?
    waktu itu listrik tiba2 mati.
    dan gmana solusinya?
    terimakasih mohon dibalas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada dua krmungkinan, yg pertama kerusakan sistem software karena dumb crash memory, windows booting error atau system crash, yaitu ada satu atau lebih file system yg tidak berhasil dieksekusi oleh system. Silahkan coba cara2 diatas utk melakukan electricity reset, lepas baterai, lepas memori slma 10menit, baru pasng kembali dan coba nyalakan lg.

      Kemngkinan yg kedua jk cara tersebut tdk bisa, mgkn ada perangkat/hardware yg rusak, butuh penanganan ahli kl sdh spt ini unt mengecek dan memperbaikinya.

      Hapus
  20. Permisi gan ane mau tanya lcd lepi ane ga nyala padahal mesin nyala terus pas mau cek lcd di layar komputer tidak ke detect alias hitam itu kenapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah ga ada masalah dgn perangkat LCD anda, kemungkinan itu VGAnya atau driver VGAnya. Tp kemungkinan besarnya yg perangkat VGAnya bermasalah.

      Hapus
  21. saya punya labtop acer saat dihidupkan powernya hidup tapi kok lcd gak ada tampilannya ya? bagaimana dengan solusinya? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama coba sambungkan dgn kabel VGA ke layar external/monitor, lalu pastikan kabel VGA yg dipakai utk menghubungkan ke layar extrnal benar2 dlm kondisi baik dan tersambung sempurna. Jk sdh dipastikan spt itu, dan layar extrnal tdk mnyala maka kemungkinan ada mslh dgn VGA anda scr software (driver VGAnya) ato hardware (chip VGAnya).
      Jika software silahkan coba install ulang windowsnya (jk kesulitan mengisntall drivernya sj), jika tetap tdk bisa berarti kemungkinan chip VGAnya bermasalah, silahkan dibawa ke tmp service yg profesional.

      Itu dgn asumsi sy bahwa laptop anda (ketika mati layarnya) benar2 bisa menyala hngga masuk windows, bukan sekedar kipasnya saja yg menyala.
      Namun jika hny kipasnya sj yg menyala dan tdk smp masuk windows (diketahui dgn cara mendengar dan "merasakan" ktka laptop dinyalakan), maka ada kemungkinan bukanbVGA anda yg bermasalah, tp bisa jadi sistemnya (bios ato OSnya) ato jg ada kerusakan pd hardware yg lainnya.

      Hapus
  22. misi mas saya punya laptop asus eee pc
    kalo pas dinyalain dari bios sampe booting windows lancar
    cuma kalo pas di pake kadang mati sendiri lcd nya tapi mesin berfungsi normal.
    tapi ntar kalo di diemin atau di hard restart nyala lagi mas lcdnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Windowsnya mbak. Auto sleepnya error. Silahkan coba install ulang windowsnya. Smoga membantu

      Hapus
  23. Gan kalo laptop gw ketika dinyalakn kok lsd nya mati kyak gx bisa buting gitu??? Mohon di beri solusi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa masuk bios ga? Bisa masuk windows ga? Ato dr awal stuck ga nyala lcdnya.
      Kalo spt itu ada kemungkinan kerusakan hardware, butuh penanganan expert utk menganalisa dan memeriksa.

      Hapus
  24. saya Pas Di microsoft 7 ada Gambar Giliran Welcom warna Nya Putih Kenapa Pas Saya Paksa pencet Tombol meyalakan leptop Bisa Kembali Normal apa ada Debu Di Dalam Memory/processor ???
    #mohonBantuaN :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah itu masalah softwarenya/windowsnya ada file yg crash atau tdk dpt dieksekusi, coba install ulang windowsnya.

      Hapus
  25. Laptop saya Aspire 4540 layarnya mati ketika dinyalakan. Waktu saya pasangkan kipas, kipas menyala. Laptop biasa saya gunakan dari pagi sampai sore. Kira2 apa yg bermasalah ya? Jika saya perbaiki di tempat servis, brp biaya yg mungkin saya keluarkan? Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kemungkinan perangkat/hardware nya yg rusak mb, vga nya atau LCD nya, tp tdk menutup kemungkinan jg hanya masalah software. Silahkan lakukan analisa ketika mulai dinyalakan laptop serasa masuk ke windowsnya ato tidak (dengarkan bunyi sistem windowsnya).

      Jika sistem bisa berjalan normal hingga masuk windows, maka kemungkinan hardware anda ada yg bermasalah. Namun jika ketika dinyalakan dirasakan sistem tdk berjalan dan tdk bisa masuk windows bisa jadi itu hanya masalah software (bios, windows, atau driver vga nya).

      Namun jika melihat kebiasaan anda menggunakan laptop hingga sore nonstop kemungkinan besar ada masalah kerusakan hardware.

      Utk masalah biaya bervariasi mbak. Ongkos bisa antara 75rb hingga 250rb. Plus biaya part hardware yg diganti (jika ada yg rusak) misal LCD nya yg rusak utk laptop anda part LCDnya dipasaran harganya berkisar 600rb s/d 1jt.

      Hapus
    2. Trims balasannya mas.
      Waktu saya nyalakan sepertinya ga sempet masuk sistem deh.
      Ada kemungkinan rusak motherboard mas? Ganti motherboard sampe 2jt?

      Hapus
    3. Kl memang spt itu kondisinya silahkan dicek kan ke expert. Jk memang diketahui ada kerusakan pd MotherBoard maka anda hrs mengeluarkan dana yg agak byk utk mengganti MB.

      Hapus
    4. Dikalangan org teknik komputer ada solusi (khas org indo), diakali.
      Pada MB yg rusak dilakukan pengecekan utk mengetahui IC yg rusak. Lalu jika sdh diketahui IC-IC yg rusak diupayakan utk diganti ICnya (beli IC yg sesuai di toko elektrik), atau hanya sekedar disolder/diblower/dipanasi ulang agar sambungan kaki2 IC tsb tertancap sempurna ke papan MB, dan byk yg berhasil tanpa mengganti MB.
      Silahkan dikomunikasikan dng yg ahli.

      Hapus
  26. Pak punyaku mati tapi laptop hidup, saya coba layar external juga gak bisa.
    biasanya tak buat Nonton Film Bioskop

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin VGAnya pak. Bisa maslaah software (driver VGAnya) bisa jg masalah hardwarr (chip VGAnya).
      Silahkan dicoba solusi2 sy pd beberapa komen yg hampir sama diatas.

      Hapus
  27. dear pak fahmi
    saya punya laptop thosiba satellite c800d , laptop saya ketka di hidupkan masih ada layar thosiba leading inovationnya sehabis itu layar langsung black screen dan ada garis2 berantakan, mohon pencerahan nya ,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jk garis2nya trlihat spt dibagian agak dalam LCD (bkn dipermukaan) Sangat mgkn ada keruskan pada LCDnya. Mgkn anda perlu mengganti LCDnya.

      Hapus
  28. Pak saya mau tanya monitor saya kadang-kadang keluar warna coklat, tapi cuma sekilas tapi indikator HDD mati, tapi mesin masih nyala itu kenapa ya?
    apane kuwi mbah sek rusak? chipset vga kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Warna coklatnya ada tulisan apa? Setelah keluar warna coklat layar mati atau menyala normal?
      Jika mati maka ada kemungkinan kerusakan LCD, namun jika layar dpt hidup normal itu bisa jadi hanya masalah softwarr aja coba install ulang n update drivernya atau windowsnya

      Hapus
  29. maaf ganggu nih pak, sy punya lenovo, sy iseng liat memori ram ada dimana, saya bongkar lalu sy copot memorinya, tp gak sy apaapain langsung sy pasang lagi. tp batere lupa sy copot, itu gimana ya? makasih banyak infonya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada mayoritas kasus spt itu bisa merusak memori RAM yg telah dilepas tsb. Namun pd beberapa kasus tdk trjadi apa2, memori RAM masih dpt berfungsi normal biasanya memori RAM bermerk.

      Hapus
  30. Om. Permisi saya mau tanya ni laptop saya merek ACER aspire 4739. Awal awal ceritany ni laptop saya overheat. Dan saya berpikir untuk membuka kipas yang berada di laptop. Dan pas saya pasang kembali Layar LCD saya tidak bisa nyala. Itu gmn y om? Tolong di bantu om. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba anda bongkar kembali laptop anda dan pastikan segala sesutaunya terpasang dengan baik. Mgkn saja ada bagian yg terlepas atau tdk terpasang dengan baik ketika anda dulu membongkarnya.

      Atau silahkan coba salahsatu solusi sy diatas, salahsatunya melepas memori RAM atau yg lainnya.

      Semoga membantu

      Hapus
  31. selamat pagi pak, laptop saya tipe lenovo S210 Touch . semalam waktu sy mau mematikan laptop sy salah tekan sleep akhirnya laptop saya dalam mode sleep. waktu saya nyalakan kembali ternyata yang terjadi layar hanya hitam aja pdhl kondisi laptop menyala. akhirnya sy matikan paksa dengan menekan tombol power agak lama dan sy nyalakan kembali namun yang terjadi sm saja. dan akhirnya sy lepas bateray tetap sj kondisinya seperti itu (mesin nyala layar mati). waktu sy baca2 di internet solusinya dengan mencabut bateray dan mencolokkan kabel charger dan berhasil layar sy menyala. tapi setelah sy pasang bateray, dan charger sy cabut , layar kembali mati . nyala lagi kalau charger dipasang. Ini kira2 kenapa ya pak? apa ada masalah dengan windowsnya (sy memakai windows 8)? atau hardware nya? kira2 dengan install ulang apa dapat menyelesaikan mslh? Trims pak sbelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada masalah dengan VGA anda secara software. Silahkan coba install ulang driver VGA laptop anda, atau jika masih belum bisa silahkan install ulang OS Windows anda. InsyaAllah bisa.

      Semoga membantu

      Hapus
  32. pagi pa. sya mau nanya. bagaimana cr mengambil data pda hardiks yang lyr atw lcd nya mati tanpa membongkar NB nya untk mngeluarkan hardiksny. sdngkan mesinny msin bisa hidup. trima ksih ats tnggpnny.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Data pada komputer yg rusak OSnya atau lainnya (asal mesin masih bisa hidup), bisa diambil/diselamatkan (drive C maupun drive D) dengan menggunakan Mini XP (melalui Flashdisk). Silahkan cari referensi diinternet bagaimana cara membuat Flashdisk Mini XP.

      Jika anda sdh membuat flashdisk mini XP, nyalakan laptop anda melalui FD tersebut. Untuk menjalankan, seting boot bios komputer atau laptop melalui Flashdik.

      Semoga membantu

      Hapus
  33. malam gan..laptop saya toshiba Satelite a215...Tadi saya iseng menambah kapasitas ram dgn hdd dengan tutorial di internet...selesai itu disuruh restart laptop agar merasakan efek ramnya..ketika restart tiba2 layarnya gak bisa nyala padahal cooling pad ama indikator lednya nyala...gimana solusinya ya gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf saya hrs mengajukan beberapa pertanyaan utk menganalisa kerusakan laptop anda,
      1. Apakah ketika anda mengganti RAM n HDD anda melepas baterai ?
      2. Apakah RAM pengganti sdh sesuai spesifikasinya dgn laptop anda?
      3. Apakah kondisi layar anda skrg, mati/tdk nyala sejak awal dinyalakan atau ada tampilan biosnya?
      4. Apakah anda sdh benar2 memastikan segala sambungan dan perangkat dilaptop anda terpasang dengan baik dan benar?

      Sy tunggu jawabannya agar sy bisa memberikan analisa yg lebih mendekati benar. Terimakasih

      Hapus
    2. 1. Saya tdk mengganti ram secara fisik tetapi hanya menambah kapasitas ramnya dgn harddisk
      2. Saya tdk mengganti ramnya secara fisik
      3. Kondisi layar saya mati sejak dihidupkan tanpa ada tanda2 menyala
      4. Sambungan adaptor(listrik) sama baterainya aman...
      Tunggu jawaban balik ya...

      Hapus
    3. Anda telah melakukan penambahan virtual memory.
      Proses itu dilakukan secara software. JAdi kemungkinan ada kesalahan yg terjadi saat penambahan virtual memory atau ketika eksekusi perintah penambahan virtual memory tersebut.

      Untuk memperbaikinya silahkan coba melepas baterai, RAM selama 10 menit kemudian pasangan kembali, jika sdh lakukan restore system anda melalui CD/Flashdisk intaller Windows pada kondisi backup sebelum anda menambahkan virtual memory.
      Jika masih tidak bisa anda bisa mencari referensi di internet, cara backup/restore menggunakan Flshdisk Hiren atau Norton Ghost. Lalu jalankan laptop anda melalui Flashdisk Hiren/Norton Ghost tersebut untuk mengembalikan/restore pada system sebelum anda menambahkan virtual memory.

      Semoga berhasil

      Hapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. layar samya padam gan...tetapi saat saya terangi engan senter pas di layarnya...laptopnya berjalan dengan normal tetapi layarnya padam.
    tolong di bantu ya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan ada masalah dengan perangkat LCD anda, Inverter, LCD cable ataupun Backlight Lamp .
      Silahkan dicekkan ke ahlinya.

      Hapus
  36. mohon pencerahannya, laptop saya asus a43s sedang dipake tiba2 mati, saya nyalain lagi, lampu power nyala, kipas prosesor nyala, namun layar lcd mati dan tidak bisa masuk bios, saya coba pake monitor eksternal tetap tidak nyala juga layarnya, saya sudah coba lepas bateray n memory namun sama layar lcd mati, mohon solusinya, terima kasih;

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atas dasar informasi anda diatas,
      Sangat besar kemungkinannya ada kerusakan pada perangkat laptop anda, bisa Chipset VGA nya, atau bahkan komponen LCDnya.
      Kerusakan pada VGA biasanya hanya pada kaki pengaitnya, sangat jarang Chip VGA sebuah laptop rusak, lakukan penyoderan ulan kaki2 pengait VGA di motherboard utk mengatasinya.
      Namun jika yg rusak Chip VGA nya maka anda harus mengganti satu paket Motherboardnya, agak mahal, semoga saja bukan chip VGA nya yg rusak melainkan hanya kaki2 pengaitnya saja (karena overheat).
      Kemungkinan lainnya komponen LCD anda rusak, utk mengetahui lbh lanjut silahkan dibawa ke ahlinya, karena dibutuhkan kemampuan expert utk mengecek kerusakan komponen LCD dan menggantinya.

      Semoga membantu.

      Hapus
  37. mas, saya pake laptop compaq 515 awalnya cuma buat nnton
    film. terus saya shutdown. beberapa jam kemudian pas saya nyalain cuma lampu indikator sama kipasnya yang nyala. sudah saya dengarkan tapi tidak ada suara masuk windows. kira2 ini yang rusak apanya ya mas? seumpama di bawa ke service. biaya yang di butuhkan berapa? terimakasih mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lakukan pengecekan seperti yg dilakukan Sdri. Enung Nuriyah diatas + lakukan pengecekan dengan layar external.
      Jika tetap tidak menyala berarti kasusnya sama seperti milik Sdri. Enung diatas.

      Biaya servis nya tergantung pada kerusakannya, antara 300rb (jika hny rusak kaki2 pengait VGAnya) sampai dengan 1jt (jika harus mengganti Motherboarnya).

      Semoga membantu.

      Hapus
  38. Gan , laptop saya toshiba satellite C800 , Lcd mati saat dioperasikan saat itu pas saya melepas konektor USB modem, layar langsung mati, saya coba pakai monitor external ternyata bisa hidup,, kira-kira rusak apanya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan coba lakukan solusi saya diatas yg nmr 2-4. Kemungkinan itu hanya masalah software saja, dumb crash memory, dan lain sebagainya.

      Jika masih belum bisa silahkan install ulang aja windowsnya.

      Semoga membantu

      Hapus
  39. Gan , notebook axioo saya kok kalo dihidupin langsung layar hitam ada tulisan operating system not found gan? Trus kok notebook ku harus dicolokkin kabel charger baru mau hidup gan , trus kalo uda dicolokkin ntar ada bunyi ttttiiiiiitttttttttt gitu gan , mohon solusinya gan ,tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu mah ada tombol yg macet, bongkar aja, bersihin keyboardnya. tapi kalo masih bermasalah juga. mungkin keyboardnya tuh dah rusak.

      Hapus
    2. Ya kemungkinan itu ada masalah dengan komponen2 pada laptop anda. Silahkan dibongkar kemudian bersihkan secara perlahan dengan cara yg sesuai, lalu pasangkan kembali secara benar.

      Pastikan semua sambungan/pemasangan komponen laptop anda benar2 terpasang dengan baik dan benar.

      Mengenai bunyi beep pada laptop anda ada kemungkinan kerusakan pada RAM atau VGAnya, atau juga bisa hanya sambungan/pemasanganya yg kurang pas atau tidak terpasang dengan baik dan benar.

      Semoga setelah anda bongkar dan lepas komponen2 laptop anda insyaAllah masalah laptop anda "sembuh".

      Semoga membantu.

      Hapus
  40. saya punya laptop hp 430, masalahnya LCD mati ketika membuka aplikasi berat, tapi mesiinnya msih nyala. setelah tekan tombol on/off kemudian dihidupkan baru jalan. kemudian juga terus berulang2 seperti itu, bahkan nonton video youtube pun mati LCDnya. suaranya masih ada. caranya ya dimatikan juga. kira2 apa blem nya ya ? solusinya gimana ? terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memory RAM dan atau Processor anda tidak mampu bekerja secara maksimal.

      1. Jika masalah ada pada RAM
      Lakukan penggantian/penambahan kapasitas RAM utk mengatasinya.

      2. Jika masalah pada Processor.
      Bongkar laptop anda bersihkan komponen processor pd motherboard anda termasuk kipas processornya (biasanya processor overheat karena kipas tidak berputar maksimal).

      3. Lakukan juga maintenance secara software pada Harddisk anda (penataan file, pengurangan file, pengelompokan file, dll) untuk memperringan kinerja RAM/Processor laptop anda yg sudah mengalami penurunan kemampuan karena faktor usia pemakaian, dll.

      Semoga membantu.

      Hapus
  41. Om numpang nya nih..laptop saya asus a450c..kasusnya indikator powernya nyala tapi layar blank..waktu saya bawa ke asus karna masih garansi diganti mbnya..tapi seminggu kemudian kaya itu lg..indikator nyala tapi layar blank...bisa dibantu om.. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika kerusakan yg sama terjadi lagi, kemungkinan besar MB anda tidak diganti.

      Coba lakukan beberapa cara2 yg saya berikan diatas utk mendeteksi keerusakannya ada pd softwarenya atau hardwarenya.

      Pada laptop asus kemungkinan besar ada kerusakan pada komponen laptopnya. Bisa VGAnya(kaki2 pengaitnya), komponen2 LCD, atau yg lainnya.

      Mungki saya bisa membantu menganalisa lebih lanjut jika anda sudah melakukan pengecekan sesuai tulisan saya diatas dan menginformasikan kpd saya disini.

      Hapus
  42. Ass. Wr Wb...
    Maaf om sbelum nya, mintak solusi dikit om...
    Gini om, saya punya laptop Axioo Neon RNO ( intel inside Core i5 ).
    Mslah nya dulu dipakai untuk sekolah om, untuk INFOCUS, stelah satu bulan, saya coba hidupkan tanpa infocus, Mesin nya hidup, lampu hidup, kipas hidup, tapi layar nya sedikit pun gak nampil om, bios pun gak nampil...
    Trus saya coba pake LCD computer, mana tau LCD nya yg rusak, stelah di colok lcd ke laptopnya, juga gak nampil, sementara di coba pake laptop laen nampil om, kira2 dimana letak kerusakan nya om?
    Apa Jalan pertama yg Harus saya laku kan om, Mohon solusi nya yaa om.
    Thank's U...

    BalasHapus
  43. om numpang nanya, terkadang layar laptop saya blank tapi sebenarnya laptopnya tetap nyala alias bisa di operasikan. layarnya blank sewaktu waktu om, saya coba menggunakan layar external/monitor bantuan ternyata bisa nampil om. sedangkan di layar laptopnya terkadang menyala terkadang mati kembali padahal saya tidak melakukan apapun. apahkah ada masalah di lcd ataukah VGAnya om? bisakah dengan cara di atas saya mengatasinya om?

    BalasHapus
  44. Mas netbook saya mati, tdnya saya coba lepaskan batre selama semalaman, pagiya bener, netbooknya hidup, tp 5 menit kemudian mati lagi, tp power on nya tetap berwarn biru terang alias hidup
    itu gimana ya
    kira2 ap yg terjadi

    BalasHapus
  45. Mas netbook saya mati, tdnya saya coba lepaskan batre selama semalaman, pagiya bener, netbooknya hidup, tp 5 menit kemudian mati lagi, tp power on nya tetap berwarn biru terang alias hidup
    itu gimana ya
    kira2 ap yg terjadi

    BalasHapus
  46. Mas, laptop saya asus, monitor tidak nyala tetapi dengan monitor external tampil tidak masalah. Dibawa ke servis katany vganya padahal belum 1 tahun ganti vga. Apa bener vga nya mas? soalny nga ada masalh klu pake monitor external. Trims

    BalasHapus
  47. @Fikri D.M.X
    @Agus Bahtiar
    @Ade Septian Ridho
    @Nana

    Masalah anda semua hampir sama.

    Ketika Layar utama laptop tdk nyala namun ketika disambungkan ke Layar Lain/Eksternal dia bs menyala, maka 70% kerusakannya ada pada chipset VGAnya.
    Kemungkinan sisanya adalah kerusakan pd LCD (LCD/konektor LCD,dll) dan kerusakan pd Motherboard. Smoga sj laptop2 anda bukan LCD ataupun MBnya yg rusak (utk memastikan butuh penanganan expert).

    Pd kasus kebanyakan yg rusak Chip VGAnya atau yg rusak hny konektor/kaki2/solderan nya saja.

    Biasanya teknisi komputer yg menangani masalah spt ini, selalu langsung sj menyampaikan justifikasi kpd pemiliknya bahwa :"VGAnya rusak" "diganti VGAnya"
    Padahal 95%kasus spt ini hny masalah konektor/solderannya.
    (Maaf ini rahasia teknisi PC, agar bs menarik fee yg agak byk ke customer)

    Solusi yg paliiiing sering digunakan utk menyelesaikan mslh diatas yaitu dgn cara di blower/dipanasi/disolder ulang.
    Dgn catatn yg rusak hny kaki2nya sj. Sgt kecil kemungkinannya yg rusak Chip VGAnya.

    Dibutuhkan penanganan expert utk memastikan dan menyelesaikan mslh ini.

    Smoga bisa membantu.

    BalasHapus
  48. Kak, aku punya notebook axioo. Udah ada satu minggu ngga di nyalain. Biasanya di nyalain. Tapi, sebelnya pernah ga dinyalain sampe dua minggu fine" aja. Nah, sekarang tiba" ngga nyala. Lampu led nyala, tapi ngga ngedip, biasanya ngedip dan LCD nya juga hitam gelap. Ngga ada respon apapun. Opening Axioo nya juga ngga keluar. Itu kenapa ya? Mohon responnya. 😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan ada kerusaka pada komponen laptop anda sbb:
      Baterai/Memory RAM/Processor. Silahkan dicoba beberapa solusi yg saya berikan diatas. Jika tetap tidak bisa cobalah utk megganti MEmory RAM dgn yg baru (bisa pinjam dulu utk mengecek).

      Untuk lbh pastinya sebaiknya dicek kan dulu pada ahlinya kerusakannya apa (baterai/Memory RAM/Processor)

      Hapus
  49. Gan, laptop saya Asus a46cb. Itu Layarnya ga mau nyala pas saya langsung tutup layar karena terburu buru. Pas saya ambil laptopnya ternyata panas mesinnya. Itu kenapa dan gimana solusinya gan? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. KEmungkinan ada Crash/pressure pada komponen laptop (LCD/keyboard/MB) saat anda menutup laptop secara terburu2.
      Harus diongkar dan dilakukan pengecekan part by part utk memastikan letak kerukannya dimana. Pada kasus yg sama yg pernah saya dapati, kerusakan ada pada kabel konector LCD ke MB. Dan harus mengganti

      Dibutuhkan penanganan expert utk masalah ini.

      Hapus
  50. Pagi mas. Laptop saya lenovo g400s. baru kejadian kemaren sore, LCD laptop saya mati tetapi mesin masih nyala. saya force shutdown laptop saya kembali normal, tetapi kejadiannya berulang, habis 2 jam LLCD laptop saya mati lagi padahal winamp saya masih bunyi. dan saya force shutdown lagi dan normal lagi. kenapa ya mas?? apa solusinya??
    terima kasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memory RAM dan atau Processor anda tidak mampu bekerja secara maksimal.

      1. Jika masalah ada pada RAM
      Lakukan penggantian/penambahan kapasitas RAM utk mengatasinya.

      2. Jika masalah pada Processor.
      Bongkar laptop anda bersihkan komponen processor pd motherboard anda termasuk kipas processornya (biasanya processor overheat karena kipas tidak berputar maksimal).

      3. Lakukan juga maintenance secara software pada Harddisk anda (penataan file, pengurangan file, pengelompokan file, dll) untuk memperringan kinerja RAM/Processor laptop anda yg sudah mengalami penurunan kemampuan karena faktor usia pemakaian, dll.

      Semoga membantu.

      Hapus
  51. Pak saya mau tanya. Saya punya netbook Acer AO 725, kemarin pas saya mau gunain ga bisa nyala pake baterai & charger, lampu lednya juga ga nyala. Pas saya cabut baterai dan cuma pake charger baru bisa nyala lagi. Saya pakai seharian. Pas selesai saya pake netbooknya, saya hibernate ga di shutdown. Hari ini pas saya mau pake ga bisa nyala lagi, di pasang baterainya ga mau nyala (baterai masih ada isinya), pake chargeran juga ga mau nyala netbooknya. Lampu led nya juga ga nyala alias mati total. Netbook nya sering saya pakai seharian tanpa cooler. Kira-kira apa ada hardware yg rusak ya? Apa ada bagian yg harus diganti? mohon bantuannya, terima kasih

    BalasHapus
  52. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  53. Ada sambungannya lagi nih pak. Barusan saya coba baterai netbooknya saya coba charger di netbook adik saya (kebetulan tipenya sama) sampai penuh. Terus pas baterainya penuh saya coba pasang di netbook saya dan bisa nyala kayak biasanya. Saya coba chargerannya saya colok ke netbook saya dan bisa connect. Tapi pas saya shutdown netbook saya (barerai & charger masih terpasang) lampu led tidak menyala (biasanya kan kalo baterai & charger terpasang bakal tetep nyala lednya jika nyambung ke sumber listrik walaupun netbooknya mati) dan saya coba pencet tombol power ga mau nyala lagi netbooknya. Intinya kalo netbook dlm keadaan bisa nyala semuanya normal, dan kalo netbook ga bisa nyala udah seperti netbook rusak. Ini apanya yg salah ya? Binguuuuung padahal baterai & chargernya ga ada masalah apa-apa pas saya tes di netbook adik saya itu

    BalasHapus
  54. pa mau tanya saya pake compaq cq40 nah karna batrenya uda jebol saya rasa jd gak saya pake batrenya . nah kali ini pd saat ke adaanya nyala kesenggol dan langsung mati . setelah coba nyalain lg gak mau nyala dari carger atw dr leptopnya yaa pa ? mohon jawabanya

    BalasHapus
  55. PAK MAU NANYA NIH SOAL NETBOOK ANE OIYA pak netbok ane lampu indikatornya nyala tapi berselang 10 detik mati lagi itu kenapa ya pak mohon solusinya

    BalasHapus
  56. Pak saya punya laptop hp g42, ketika sya hdupkan mesin laptop hidup, mulai dri lampu power dan dvd roomnya nyala, tapi layarnya kagak nyala, nggak menampilkan apa apa, itu kenapa yah pak? Solusinya gimana? Ongkos prbaikinnya brapa yah pak ??

    BalasHapus
  57. mas mau nanya
    netbook saya ketika baru saya nyalain sampek merknya belum sampek masuk windows tu nettbok langsung mati..trus lampu led pun gada yang nyala.
    tapi kalo dinyalain trus masuk safemode jg masuk sett boot (F2) itu bisa nyala.. kira2 permasalahannya dimana yaa mass..mohon sangat bantuannya..makasih.

    BalasHapus
  58. Mau tanya..leptop ane asus A43S..mlmny ane buat main..pginy ane hidupin..ehhh...layar gk hidupp..tpi yg lainny hidup..ane coba tancepin flash bunyi..ane msukin ke service dah 1bln lbh...belum jdi...kira2 penangananya g mna??

    BalasHapus
  59. Pak ni saya pke toshiba..say mo instal win 7 eh tiba2 lcd ny mati itu karena ap dan ap solusiny..mkasih mohon d balas

    BalasHapus
  60. Gan,laptop saya toshiba L730...
    Saat dihidupkan laptopnya nyala...tapi setelah starting windos kok lcdnya mati alias gambarnya jadi hitam...tolong gan
    Di balas...

    BalasHapus
  61. Mas, Laptop saya Acer 4349.. saya melakukan installasi OS .. tetapi pada saat complitition Install, terjadi Error.. Semuanya gk bisa di gerakkan.. terus saya tekan sembarang tombol tetap gk bisa... Saya matikan secara paksa, ketika mau di hidupkan kembali.. Layar LCD nya gk nyala, tetapi mesin sama CD drivenya nyala... ini masalahnya karna layar terkunci oleh tombol atau gimana mas???

    BalasHapus
  62. mas, seminggu ni netbook hp pavilion dm1 sy, stiap dinyalain, setelah muncul icon hp, trus mau masuk windows 7, layar langsung garis2 kotak berantakan warna abu2 hitam,, stelah dua/tiga kali di matiin langsung powernya trus dinyalain, baru mau masuk windows secara normal, atau kadang setelah masuk start up repair walaupun repairnya gagal trus dipaksa mati trus powernya dinyalain lg baru bisa, kenapa ya? setelah masuk windows semua program normal.

    BalasHapus
  63. mat malam pak,salam kenal dari saya,mohon bantuan pak saya punya laptop asus tipe X455LD.udah hampir satu bulan laptop saya mati ngk bisa nyala.tp kipas sama lampu indikatornya nyala.trus kalo dicas juga bisa.itu kira2 apanya ya pak yg rusak .trus kalo diservis kira2 brapa?trus satu lagi,ini laptop kan masih garansi.kira kira kalo dibawa ke asus atw ketoko tempat belinya lagi,garansinya masih berjalan ngk pak soalnya laptop nya udah dibongkar dan segel toko nya dah sobek.makasi sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari lcd inverter dell inspiro 1420 wilayah kediri mana gan

      Hapus
  64. assalamualaikum,
    pak saya mau nanya,saya punya laptop toshiba AMD... malemnya habis tak pake normal,tp pagi saya nyalakan laptop tersebut layar jadi eror.
    mesin nyala,kipas,layar bisa masuk bios tp ngga bisa masuk windowsnya.
    itu knpa ya? solusinya gimana?

    BalasHapus
  65. Assalamualaikum
    Saya punya laptop Compaq Presario CQ42
    Pertama laptop saya belum ada lampu yang menyala
    Tapi setelah saya bongkar alhamdulilah lampu di capslock menyala warna putih. tapi pas saya tekan tombol power lcdnya gak hidup ?
    dan kenapa laptop saya ada listriknya kalau di cas ?
    Mohon solusinya
    Terimakasih

    BalasHapus
  66. Salam. Mas, laptop adik saya Asus baru saja ngeblank, sepertinya karena terlalu lama hibernate. Semalam sedang dipakai utk nonton film, dan karena ketiduran sepertinya laptop nge-sleep sendiri. Pagi td coba dinyalakan, lampu indikator menyala, kioas jg berfungsi, suara windows pun terdengar, tp layar gelap tidak ada tampilan, padahal kursor ada dan bisa digerakkan. Kalau begini kira2 masalahnya apa ya mas?
    Saya coba solusi pertama, masalahnya tombol power di laptop ini hanya berfungsi utk sleep sj. Walau sudah sy coba tekan lama tidak bisa shutdown paksa.
    Utk solusi yg kedua di atas, masalahnya baterai laptop ada di dalam, jd harus dibongkar utk melepasnya. Kalau misal saya biarkan laptop hidup utk menghabiskan baterai kira2 masalah tidak mas? Atau ada solusi lain?
    Mohon bantuannya. Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  67. Mas, kalo notebook saya rusak karena kebanting cara memperbaikinya gimana tolong dong please udah ane coba semuanya masih nggak bisa

    BalasHapus
  68. salam hangat dan salam ilmu
    saya punya laptop dell n3421 vga gefrce 1gb, kendalanya begini ketika laptop tersebut pas waktu mau di nyalakan dia keadaan LED nya ngeblur tpi stlh 2-3 mnit keadaan led nya tersebut kembali normal, itu masalahnya apa ya om ?? masalah di driver vga nya atau masalah di screen resulutiont nya ?? tolong solusinya klau tau om,,
    thks

    BalasHapus
  69. mas..laptop saya pas dhidupin lyar na mati alias htam, tp ketika LCD na dtekuk ke bawah layar na hidup kembali sprti biasa pas saya blikin ke posisi biasa na mati lgi.. jadi itu kerusakan na dimana mas..

    BalasHapus
  70. Pak saya punya laptop acer aspire v5 431 dengan os windows 8 LCD nya udah lama pecah jadi sekarang saya pakai monitor eksternal,masalah nya sekarng ketika saya aktifkan safe mode kok di monitor eksternal nya ngak bisa tertampil gambarnya.mohon pencerahannya

    BalasHapus
  71. mas mau tanya, laptop saya asus a555lf. yg saya mau tanyain ketika background nya berwarna gelap terlihat pixel pixel putih yg bergerak. solsinya seperti apa? dan garansi masih ada. terimakasih

    BalasHapus
  72. mas gmn klo lcd mati hidup mati???

    BalasHapus
  73. Saya ingin bertanya laptop saya samsung seri 300 E, semalam dalam kondisi nyala dan masih di cas.. Lalu saya ketiduran dan akhirnya laptop saya mati, mesin masih nyala tapi layar mati total... Bagaimana solusinya?

    BalasHapus
  74. Gimana ya kalo hp pavilion g series lcdnya mati sendiri sebelum digunakan padahal capslock dan semuanya menyala

    BalasHapus
  75. Gimana ya kalo hp pavilion g series lcdnya mati sendiri sebelum digunakan padahal capslock dan semuanya menyala

    BalasHapus
  76. Duh mau minta tolong nih,
    Maaf sebelumnya

    Saya nonton film di laptop saya, merk nya SAMSUNG AMD A6, sambil copy file, eh tiba-tiba mati trus saat dinyalain lagi yang hidup cuman mesin nya doang, tapi layar nya hitam gak ada perubahan, mesin + cdRoom jalan tapi layar nggak, saya udah cabut battery nya, tapi ttep, gimana ya,,,ohon pencerahan nya ya duh

    BalasHapus
  77. Slamat siang,numpang tanya pak :D laptop asus saya problemnya sama seperti di artikel bapak, saya sudah lakukan pembongkaran tetapi hasil nihil kira2 apa yg harus sya lakukan ya pak?

    BalasHapus
  78. Laptop sya keluhannya mesinnya nyala tapi layarnya gk mau muncul desktopnya alias blank.. Gara gara waktu itu mau download sesuatu tapi malah modem sya banyak virusnya dan akhirnya yg ke download bukan sesuatu yang sya inginkan... Terus pas saya mau matiin (shut down) itu nggak bisa.. Yaudah akhirnya sya force shut down (memaksa) dan akhirnya sekarang nggak bisa digunakan

    BalasHapus
  79. Gimana seharusnya sya lakukan??

    BalasHapus
  80. Laptop sya keluhannya mesinnya nyala tapi layarnya gk mau muncul desktopnya alias blank.. Gara gara waktu itu mau download sesuatu tapi malah modem sya banyak virusnya dan akhirnya yg ke download bukan sesuatu yang sya inginkan... Terus pas saya mau matiin (shut down) itu nggak bisa.. Yaudah akhirnya sya force shut down (memaksa) dan akhirnya sekarang nggak bisa digunakan

    BalasHapus
  81. Laptop sya keluhannya mesinnya nyala tapi layarnya gk mau muncul desktopnya alias blank.. Gara gara waktu itu mau download sesuatu tapi malah modem sya banyak virusnya dan akhirnya yg ke download bukan sesuatu yang sya inginkan... Terus pas saya mau matiin (shut down) itu nggak bisa.. Yaudah akhirnya sya force shut down (memaksa) dan akhirnya sekarang nggak bisa digunakan

    BalasHapus
  82. pak , saya izin tanya . notebook saya tipe axioo pico . nah pada saat saya memainkan notebook saya tiba tiba lcd saya hitam gulita , saya coba shutdown paksa tetapi masih tetap saja lcd saya mati /gelap ..itu kenapa ya pa & minta saranya . thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. om,lenovoku g475 power supply bagus voltage sampai tombol power tapi tombol power tak tekan kok masih nggak bisa ya

      Hapus
  83. Mohon bantuannya ya.. gini
    tadi saya colok flashdisk di lptp ASUS X453S tiba-tiba lptp saya mati, stlah itu saya hidupkn lagi, stlah data saya pindah, flashdisk pun di cabut tba" lptop mati seketika, layarnya LCD mati namun lampu powernya nyala, namun jika mau lepas batrei krn merek ASUS X453S tidak bsa di cabut btreinya ... mohon ya infonya

    BalasHapus
  84. kalo laptop saya itu layarnya suka mati sendiri kalo saya goyang,itu gimana gan?

    BalasHapus
  85. laptop saya anote centurion c9375, setelah masuk windows (8) hanya selang 3 menit lcd mati namun laptopnya masih nyala kemudian saya coba install ulang jadi windows 7. Pada proses booting sampai install windows tiba2 lcdnya mati selang 3 menit. Namun laptop masih nyala. Itu penyebabnya apa?? Apakah dari inverternya?

    BalasHapus
  86. laptop saya hp mini intel atom windows 7 starter, kendala mesin nyala lampu power nyala tapi LCD gk ada tanda tanda kehidupan, LCD nya kayak laptop yang gk nyala....please SOLUSINYA

    BalasHapus
  87. laptop acer aspire one problemnya kalau di charger layar monitornya mati (kalo tdk d carger, tidak mati ),tp kalo d tekan " Fn + F6 " nyala sebentar terus mati lagi. itu kenapa ya,? tolong solusinya... thanks

    BalasHapus
  88. Pa' laptop saya hp 431, waktu pas di nyalain lcd nya mati tapi mesinnya hidup, terus saya biari lama2 kok jadi panas ya mesinnya? tolong gimana solusinya...... trims

    BalasHapus
  89. selamat siang, laptop lenovo g470 milik saya memiliki masalah, yaitu pada saat di charge, layar laptop langsung blur kayak blur tv sampai tidak ada yg bisa dilihat, bagaimana cara mengatasinya,apa harus membeli charger baru atau bagaimana?terimakasih

    BalasHapus
  90. GAN KOK laptop ane Asus x200ca kok layar mati tapi mesin nya nyala

    BalasHapus
  91. GAN KOK laptop ane Asus x200ca kok layar mati tapi mesin nya nyala

    BalasHapus
  92. gan mau nanya, kalau leptop sy layarnya hidup kalau di perhatikan dengan seksama cuman lampunya tidak menyala. tolong solusinya..

    BalasHapus
  93. Assalamualaikum. pak, notebook saya Acer Aspire ES 11, saya sudah lakukan solusi 1,2, dan 3 tp masih belum ada perubahan pada layar LCDnya. layar LCDnya tetap hitam. tetapi mesin, lampu power, dan lampu carger menyala. mohon petunjuknya pak. trimakasih.

    BalasHapus
  94. Gan ane punya laptop hp pavilion g42. Tadinya ane mau tukar hddnya sama hdd notebook ane hp pavilion dm14000mx. Nah pas ane udah pasanf hddnya gan, ane coba nyalain sambil ngecas (karena batere ane udah rusak juga). Nah ane pake casan hp dm1 itu buat ngecas laptop ane yg hp g42 yg abis dignti hddnya. Pas ane nyalain laptop ane, dia ga ada tampilan apa apa, tp mesin nyala, dvdrwnya juga nyala dan bisa dibukatutup cuma layarnya mati dan ga lama kemudian si laptop itu ngerestart lagi dan keadaannya sama, nyala tp layarnya mati. Itu gimana ya gan? Apa korslet apa gimana gan? Soalnya kedua charger laptop sama notebook ane dayanya beda, tegangannya juga beda, yg laptop ane 19v yg notebook ane 18.5v
    Solusinya gimana ya gan?

    BalasHapus
  95. izin bang, saya punya HP Pavilion DV4-3020TX
    kenapa setiap colok charger, lampu LCDnya padam,tulisan dilayar bs saya lihat klw disenter

    mohon pencerahannya

    BalasHapus
  96. Assalamu'alaikum gan.
    Ane punya problem laptop compaq CQ42.
    Kondisi mainboard hidup normal bila dihubungkan ke layar external VGA.
    Tetapi kalo dihubungkan ke lcd nya sendiri, status layar gelap, sama sekali tidak ada cahaya.
    Padahal sudah sempat ganti kabel flexible dan lcd baru.
    Kira2 punya solusi jitu gan..?
    Mohon pencerahannya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  97. sore gan ane lagi bongkr laptp hp 1000 yg lcd nya mati, lcd di pindah ke lapt lain nya bagus, lcd lain di pasang di hp 1000 tadi juga bagus_ bingung nih mslah nya di mna ya? pencerahannya dong....

    BalasHapus
  98. aslkm bung notebook s20 lenovo saya layar lcd nya menghitam stengah sebelah kanan dan bergaris2 vertikal karena terbentur atau kebanting bagaimana ya solusinya bung? trims...



    BalasHapus
  99. Saya punya laptop HP G42 layar nya mendadak mati pak (posisi pada saat startup windows) . Tapi indikator HDD lampu WIFI dan DVDrw nya juga mesin nya semua pada nyala. Solusi nya gmn ya pak. Trims.

    BalasHapus
  100. Mlm pak...mau nanya ni...netbook saya merk zyrex,type sky LM1211...awalnya hidup normal...tp setelah 5-8 menit,screen nya hitam,lampu indikator nyala smua...kira2 gimana penanganannya...trims...

    BalasHapus
  101. pak mhon bantuannya.laptop saya merk hp elitebook 8460p.awal nya bisa nyala tp tiba2 saat sy restar tampilan lcd nya 3/4 mati dan 1/4 nya nyala.d an tulisan yg di tampilkan di layar yg 1/4 nyala itu tulisan nya ke balik 90 derajat.kira2 apa kendala laptop sy ini ya?sy coba sambungkan di monitor eksternal normal2 aja

    BalasHapus
  102. MANTUL BANGET
    Keren dah ak praktekin pada laptopku dan nyalah lg ke lcd nya..thanks a lot hu master :-)

    BalasHapus
  103. Coin Casino - Casinoowed
    What are the best Bitcoin Casinos for 2021? — Discover 인카지노 the Best Bitcoin 메리트 카지노 주소 Casinos, Best Bonus Codes and Free Spins Offers 샌즈카지노 from CasinoWow.com!

    BalasHapus